Rabu, 28 Desember 2011

Jenis-jenis virus

Sejalan dengan perkembangan kemapuan orang menguasai sutu bidang bahasa pemograman maka sekin banyak jenis jenis virus komputer yang beredar dimasyrakat. Beberapa jenis virus contohnya adalah sebagai berikut ini:

Virus Makro

Virus makro ditulis dengan bahasa pemrograman dari sutu aplikasi bukan dengan bahasa pemograman dari suatu operating System. Virus ini dapat berjalan pabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik, biasanya menempel pada file aplikasi berbasis dokumen antara lain pengolah kata ( ekstensi.doc. pada Ms. Word, pengolah spreeddsheet ( eksistensi .xls pada Ms. Excel ) dan lainnya. Contoh virus :
Varian w97M, misal w97m. panther dengan panjang 1234bytees, akan menginfeksi NORMAL .DOT dan menginfeksi dokumen apabila dibuka.
  • WM . Twn .A : TW dengan panjang 41984bytes, akan menginfeksi Dokumen Ms. Word yang menggunakan bahasa makro , biasanya berekstensi *.DOTdan *.DOC

Virus Boot Sector

Kemampuan virus ini adalah menggandakan dirinya dan memindahan atau mengggantikan boot sector asli dengan program booting virus, sehingga saat terjadi booting virus akan di –loadke memori dan selanjutnya virus akan virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware  standar ( contoh : monitor, printer ) dan dari memori ini pula virus akan menyebar keseluruh drive yang ada dan yang terhubung ke computer( cotoh: floopy, drive lain selain drive c:).
Contoh boot sector virus:
  • Varian virus wyx. C(B) menginfeksi boot record dan floopy dengan panjang 520 bytes ; karakteristik : memory resident dan ternkripsi.
  • Varian v-sign, menginfeksi master Boot Record dengan panjang 520 bytes, karakteristk : menetap dimemori ( memory resident) , terenkripsi, dan polymorphic)
  • Stoned june 4th / bloody! : menginfeksi : master Boot record dan flopy; panjang 520 bytes; Karakteristik : menetap dimemori ( memory resident), terenkripsi dan menampilkan pesan “ bloody!  june 1989 setelah computer melakukan booting sebanyak 128 kali.

Stealth Virus

Stealth virus akan menguasai table interrupt  pada DOS yang sering kita kenal dengan Interrupt interceptor. Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi instrusi level dos dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ukurannya.
Contoh Stealth virus:
  • Yankee. XPEH .428, menginfeksi file *.COMdan *.EXE; panjang 4298bytes; karakteristik : menetap dimemori , ukuran termbuyi , memiliki pemicu
  • WXYC ( yang termasuk kategori boot record pun karena masuk kategoeri stelth dimsukan pula disini )  menginfeksi ploopy an motherboot rscord panjang 520 bytes ; karakteristik menetap dimemori ; ukuran dan virus tersembunyi ,.
  • Vmem(s) : menginfeksi file *.EXE ,*.SYS, dan *.COM; panjang file 3275bytes; karakteistik : menetap di memori ukuran dan virus tersembunyi, di enkripsi.

Polymorphic Virus

Virus ini dirancang untuk mengecoh program antivirus, artinya virus ini elalu berusaha agar tidak dienali oleh antivrus dengan cara selalu berubah – ubah strukturnya setiap jail selesai mengifeksi file/ program lain.
Contoh Polimorphic virus :
  • Necropolis A/, mengifeksi file *.EXE dan *.COM panjang file 1963bytes ; karakteristik : menetap di memori ukuran virus tersembunyi, terenkripsi dan dapat berubah ubah struktur.
  • Nightfall , menginfeksi file *.EXE ; panjang file 4554 bytes; karakteritik mnetap: dimemori ukuran dan virus tesmbunyi  memiliki pemicu, terenkripsi dapat beruba ubah strutur.

Virus file / virus program

Virus ini menginfeksi ile- file yang dapat di eksekusi langsng dari sistem operasi, baik itu file, *. EXE,maupu *.COM biasanya juga hasil infeksi dari  virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukurn file yang diSerangnya.
Multi Partition Virus
Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan viru file. Artinya pekejaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file- file *.EXE atau *.COM dan juga mnginfeksi boot sector.
Demikian tadi penjelasan singkat mengenai jenis jenis virus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar