Rabu, 28 Desember 2011

sejarah virus komputer

Sejarah virus komputer awal ditemukannya istilah virus komputer adalah berangkat dari seorang pakar dibidang komputer pada tahun 1949, john Von Neumann dengan teori self altering automata. Hal ini saya temukan dalam sebuah literatur yang menurut literatur tersebut menjadi inspirasi bagi pra programmer di lab BELL (AT& T) pada tahun 1960 dengan mencoba membuat suatu jenis program permainan yang dapat memperbayak dirinya menghancurkan program buatan lawannya. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, akan dianggap sebagai pemenanganya. Permainan ini menjadi jenis game yang favorit disetiap laboratorium computer. Tetapi semakin lama program ini semakin  berbahaya karena dapat menghapus program yang tidak saja terlibat dalam permainan itu, tetapi juga program lain yang berguna.
Perkembangan selanjutnya dalam sejarah virus komputer menurut sumber yang saya baca tersebut adalah istilah virus kemudian dikenalkan oleh seorang peneliti Asisten Profesor  di univeritas Cincinati, Ohio ( Amerika Serikat), fred cohen pada tahun 1984 dalam makalahnya computer Viruses – theory and experiments yang kemudian disambut baik oleh peserta, cohen menjelaskan virus computer dan menggambarkan eksperimen yang dilakukannya untuk mebuktikan  eksistensi virus computer dalam  rangka menyusun desetasi untuk meraih gelar PhD.
Berdasarkan metode penyebaran dan cara melukan infeksi  pada organisasi lain yang serupa dengan virus pada istilah kesehatan maka menjadi pembicaraan serius. Dalam waktu dekat kemudian bermunculan program lain yang membuat program sejenis yang mungkin saja merupakan kelanjutan dari sejarah virus komputer dengan variasi dan cara penyerangan yang berbeda- beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar