Rabu, 28 Desember 2011

Seminar Virus Komputer

  Bahasa Indonesia  |   English    |  中文

Pencarian

machung_02.jpg
Seminar Virus Komputer PDF Print E-mail
27 Februari 2010

Komputer sudah menjadi kebutuhan utama pada era digital ini. Penggunaan komputer sudah merambah segala bidang kehidupan. Apalagi dengan berkembangannya teknologi internet; dunia sudah mulai tidak mengenal batas waktu dan tempat. Manusia bisa berinteraksi dengan sesamanya dari berbagai negara dengan mudah dan nyaman 24 jam sehari. Namun tidak dapat disangkal, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ada resiko yang patut diwaspadai oleh para pengguna komputer pada umumnya, dan internet secara khusus: Virus.
Guna turut serta membuka dan meningkatkan wawasan masyarakat mengenai virus komputer, pada Sabtu, 27 Februari 2010 yang lalu, Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Ma Chung menyelenggarakan “Seminar Virus Komputer” yang pertama di kota Malang dengan tema “Safe and Secure Online Activity”. Bertindak selaku pembicara adalah Bp. Anton R. Pardede, kepala Antivirus Researcher dari PC Media Antivirus (PCMAV) sekaligus Chief Editor PC Media Group – sebuah media ternama yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.

Dihadapan 200 orang lebih peserta yang datang dari berbagai kalangan mulai mahasiswa, guru, praktisi IT dan umum Bapak Anton menyampaikan materi seminar tentang apa itu virus Komputer, gejala dan dampaknya, cara penyebaran, hingga teknik-teknik untuk pencegahan dan mengatasinya. Agar menjamin aktivitas online kita di dunia maya tetap “aman dan selamat”. Peserta terlihat begitu antusias  dengan materi yang dibawakan Bapak Anton dengan santai namun tetap menarik dan penuh wawasan.

Setelah istirahat dan makan siang, dilanjutkan sesi advance membahas tentang Reverse Code Engineering; materi menyangkut hal teknis tentang virus komputer yang merupakan ilmu dasar dalam pengembangan antivirus. Karena itu peserta dibatasi hanya untuk kalangan mahasiswa maupun praktisi di bidang IT. Disini dengan sampel virus yang ada Bapak Anton mendemokan bagaimana sebuah virus komputer bekerja, kemudian untuk dapat dideteksi dan dianalisis. Peserta juga dibatasi hanya 100 orang agar materi bisa tersampaikan dengan optimal.

Keseluruhan acara yang berlangsung sejak jam 8 pagi hingga jam 3 sore ini terasa begitu cepat. Dengan terbatasnya waktu, durasi seminar hingga 135 menit dan sesi advance selama 100 menit masih terasa kurang, banyak peserta yang tidak kebagian giliran untuk mengajukan pertanyaannya langsung ke Bapak Anton. Mengatasi hal tersebut maka pertanyaan-pertanyaan yang tidak sempat dijawab bisa disampaikan melalui forum resmi PCMAV di http://forum.virusindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar